Merakit komputer gampang-gampang susah, kalau kita lihat orang lain yang melakukan pasti terlihat sangat gampang, tinggal colok sana colok sini. Padahal kalau kita sendiri yang melakukan pasti kebingungan kalau belum memiliki pengetahuan dasar tentang komponen-komponen sebuah pc. Kali ini saya ingin berbagi ilmu dasar yakni hal yang perlu diketahui dalam merakit komputer.
Pengetahuan dasar merakit komputer sebagai berikut:
  • Mengetahui hardware komputer dan spesifikasinya, setiap komponen perangkat keras komputer memiliki kegunaan berbeda begitu juga spesifikasinya. Contohnya banyak sekali jenis kecepatan processo, begitu juga dengan kapasitas RAM dan keepatan putaran hard disk. Paling dasar kita harus mengetahui fungsi-fungsi dari setiap komponen pc.
  • Sebelum merakit maka kita juga harus mampu membuat perencanaan tentang komponen yang akan kita pakai sesuai dengan kebutuhan dan peruntukan komputer nantinya.
  • Setelah semuanya komponen dibeli, maka kita juga harus mampu menginstall semua komponen hardware tersebut menjadi satu unit kesatuan. 
  • Setelah semua diinstall menjadi satu unit yang berhubungan, maka saatnya menguji instalasi apakah telah terhubung dengan benar? cara paling sederhana hisupkan pc rakitan dan lihat tampilan monitor, jika yang tampil adalah bios berarti instalasi kita benar.
  • Setelah bios tampil maka sebagai perakit komputer kita juga harus memiliki pengetahuan tentang setting bios. Perlu diketahui banyak jenis bios bergantung pada merek (produksi) motherboard yang dipakai. 
  • Setelah  bios disetting dengan benar, maka kita juga harus memiliki pengetahuan tentang partisi dan install Operating System baik Windows, mac, dan linux. 
  • Setelah OS terinstal dan berjalan dengan baik barulah kita bisa dikatakan telah berhasil merakit komputer.
Selain itu seorang perakit komputer juga sebaiknya memiliki ilmu dasar-dasar jaringan. Sebab saat ini hampir semua komputer digunakan untuk koneksi internet, baik itu komputer kantor maupun pribadi dan usaha. Pengetahuan jaringan menyangkit instalasi hardware maupun setting software penting diketahui. Kita juga sebaiknya mempelajari cara membuat koneksi internet yang baik pada sebuah pc, begitu juga share internet via wifi maupun kabel. Untuk itu selain setting komputer kita juga sebaiknya mengetahui cara setting modem.

Pada tulisan sebelumnya pernah kita bahas bahwa sebuah komputer itu dirakit berdasarkan tujuan penggunaan-nya kelak. Sebuah komputer desain grafis sangat berbeda dengan komputer administrasi kantor. Spesifikasi itu jugalah yang membuat harga komputer untuk desainer jauh lebih mahal daripada pc-nya seorang admin sebuah swalayan. 

Demikianlah pengetahuan dasar yang perlu diketahui sebelum kita merakit komputer, semoga bermanfaat. Jika ada tambahan silahkan dimuat di komentar.

Labels:



by pada 12:55 PM

Beri komentar PC Cepat: Hal-hal yang perlu diketahui dalam merakit komputer

komentar PC Cepat: Hal-hal yang perlu diketahui dalam merakit komputer

<< Home