Render gambar atau video yang lama merupakan masalah utama dalam aktivitas desain grafis. Untuk merender sebuah vieo durasi 2 menit pada laptop dengan processor atom bisa memakan waktu 1 hingga 2 jam. Hal ini karena kapasitas memori, VGA dan kecepatan processor pada laptop memang tidak cocok untuk kegiatan rendering video.

Saya pernah membuat sebuah gambar desain interior rumah dengan menggunakan software sweet home 3d berukuran gambar 600 x 800 higt quality. Ternyata untuk membuat gambar tersebut dibutuhkan waktu hingga 15 menit. Bayangkan jika kita ingin membuat hight quality video untuk desain yang kompleks, mungkin akan dibutuhkan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan render.

Setelah tanya sana-sini akhirnya saya tahu, bahwa laptop dan PC standard memang tidak cocok digunakan untuk kegiatan desainer. Adapun spesifikasi komputer pc untuk desain grafis yang cocok adalah sebagai berikut:

  • Gunakan processor AMD Vishera FX-8xxx atau diatasnya yang terbukti memiliki kecepatan dan core yang sangat baik.
  • Pakai VGA GTX760 atau seri GTX seri diatasnya.
  • Sebaiknya memory RAM hingga 16 GB
  • Hardisk 1 TB cari kecepatan putaran terbaik.

Keempat komponen diatas merupakan hal paling penting dalam rendering sebuah video. Untuk mother board dan komponen lainnya seperti power supply juga harus disesuaikan dengan komponen diatas. Jika anda masih kurang paham merakit komputer pc sendiri maka sebaiknya serahkan pada ahlinya. Komputer rakitan dengan spesifikasi seperti gambaran diatas membutuhkan budget sekitar 8 – 10 jutaan.

Banyak sekali orang mengeluh setelah membeli sebuah laptop karena tidak sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu setiap anda ingin membeli komputer/ laptop maka sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan penggunaan komputer tersebut, baru dibeli atau dirakit. Jika anda asal-asalan dalam membeli, saya yakin anda juga akan termasuk orang yang menyesal tersebut.

Semua desainer/ arsitek pasti setuju bahwa rendering gambar atau video merupakan kegiatan yang paling membosankan dalam desain grafis. Sering sekali sebuah gambar atau desain yang cantik harus gagal karena render yang diabort. Saya mengatakan hal ini karena saya sering melakukannya heheh, dan saya yakin arsitek lain juga pasti pernah mengalami hal yang sama.

Demikianlah spesifikasi komputer untuk desain grafis yang bisa saya sampaikan, semoga membantu anda dalam merakit atau membeli PC untuk kebutuhan kreatifitas ini. Jika ada opini atau solusi lain silahkan tambahkan melalui form kometar atau hubungi author.

Labels:



by pada 2:08 AM

Beri komentar PC Cepat: Spesifikasi komputer pc untuk desain grafis

komentar PC Cepat: Spesifikasi komputer pc untuk desain grafis

<< Home