Monitor laptop terlihat elastis, tapi jangan salah LCD screen tersebut juga bisa pecah loh. Saya sudah pernah menemukan laptop yang LCD-nya rusak karena terpijak. Dalam kasus sepereti ini tidak akan ada cara memperbaikinya selain mengganti display tersebut. Harga LCD laptop cukup beragam, biasanya sekitar seperempat dari harga laptop baru.

Selain pecah, LCD juga bisa diganti karena adanya kerusakan display seperti; ada dot (tanda titik) di monitor, ada garis-garis seperti patahan dan lain-lain. Titik-titik di monitor laptop biasanya akan semakin banyak seiring waktu, dan lama kelamaan dapat membentuk garis-garis. Kasus seperti ini sering terjadi, penyebab utamanya adalah kelembapan atau bisa juga karena LCD pernah mendapat tekanan beban berat. Oleh karena itu perlu kehati-hatian dalam menyimpan perangkat elektronik yang menggunakan LCD seperti laptop, tablet dan smartphone.

Cara mengganti LCD monitor laptop sebenarnya sangat mudah, karena slot kabel data dan arus listrik yang menyambung atara mother board dengan monitor terpasang dengan slot (rel) yang jelas. Asal kita menandai slot dan warna kabel maka pemasangan dengan mudah dapat dilakukan. Syarat lainnya jenis dan ukuran layar LCD laptop harus sesuai antara yang rusak dengan penggantinya. Biasanya sparepart pengganti komponen semua laptop tersedia di toko komputer besar.

Peralatan yang digunakan juga cukup sederhany, hanya butuh obeng. Jika anda kurang memahami atau ragu dalam mengganti LCD laptop tersebut sebaiknya diserahkan saja pada jasa service hardware laptop. Di tempat saya biayaya pemasangan LCD ini sekitar Rp. 100.000,- . Sedangkan harga LCD laptop sangat beragam tergantung kualitasnya. Sebagai gambaran LCD laptop Acer Aspire One Happy ada yang dijual dengan harga Rp. 800.000,- da nada juga yang 500 ribu. Yang pasti harga LCD tidak akan lebih dari setengah harga laptop baru.

Mungkin tulisan tentang perbaikan / mengganti LCD monitor laptop ini belum bisa kami tuliskan secara mendetail karena keterbatasan waktu dan kemampuan menulis. Inti yang ingin kami sampaikan bahwa lebih baik mengganti monitor laptop yang rusak daripada membeli laptop baru, harga dari LCD monitor tidak akan lebih dari ½ harga laptop baru. Semoga tulisan ini membantu anda yang sedang mengalami musibah kerusakan notebook atau laptop.

Labels: ,



by pada 11:23 AM

Beri komentar PC Cepat: Memperbaiki / Mennganti monitor LCD Laptop Pecah

At February 16, 2016 at 10:43 PM , Blogger Norma Amaliya said...

led laptop acer retakkkkk jd blank item.. masih bsa d perbaiki ga yah .. data d situ semua

 
At April 7, 2016 at 1:53 PM , Blogger P Singarimbun said...

@Norma Amaliya
Bisa mbak, nanti LCD-nya akan diganti sama si tukang service

 
At April 11, 2016 at 9:47 AM , Blogger hery said...

mas klo lapisan polarized lcd bisa di ganti tidak?punya saya rusak lcd normal nyala hanya putih?

 
At June 8, 2016 at 2:15 PM , Blogger bunga lestariiyy said...

Mbak biasa harganya brpa ya?
Lcd notebook acer aku rusak

 
At July 12, 2016 at 8:09 PM , Blogger Anggun Nilam Cahya said...

saya belum punya pengalaman service netbook sebelumnya. dan saya ingin memperbaiki layar netbook acer inspire one d270 saya yg retak. apakah ada tips khusus agar saya tidak (mohon maaf) ditipu oleh penyedia jasa service?

 

komentar PC Cepat: Memperbaiki / Mennganti monitor  LCD Laptop Pecah

<< Home