Saat ini hampir semua ponsel android sudaha dapat dijadikan sebagai wifi hotspot, sehingga internetan bisa dilakukan tanpa modem. Cukup dengan tethering portable & hotspot dan centang portable WI-FI hotspot pada gadget android maka hotspot pun ada di sekitar kita. Degan cara itu secara otomatis laptop / pc akan mendeteksi keberadaan wifi. Namu demikian perlu diketahui bahwa di android tidak ada menu untuk setting DNS, tapi tetap saja bisa diganti pada PC sehingga internetan lebih stabil. Berikut ini cara untuk melakukan setting DNS wifi di PC/ laptop.
cara ganti dns


  1. Pertama klik kanan logo koneksi wifi di pojok kanan bawah monitor, dan klik open network and sharing center.
  2. Selanjutnya klik dua kali wireless network konection (nama wifi)
  3. Buka tab propertis paling bawah
  4. Klik Internet Protocol versi 4 (TCP/IPv4)
  5. Centang Use the following DNS server addresses
  6. Isi kolom dengan IP DNS yang kita inginkan (Google DNS, Open DNS dan lain-lain)

Sebenarnya penggunaan DNS ini berguna untuk unlocked site yang mungkin terblokir oleh ISP. Pemblokiran itu bisa saja tidak disengaja, atau domain web tersebut pernah diblokir sebelumnya, mati dan dibeli kembali oleh pemilik baru dengan konten berbeda tanpa mengetahui kalau domain tersebut ternyata telah diblokir oleh ISP.

Hubungan penggantian DNS dengan meningkatkan kecepatan internet tidak begitu nyata, tapi memang ada pengaruhnya terutama terkait dengan kestabilan koneksi. Biasanya dengan menggunakan DNS google internet lebih stabil terutama untuk browsing dan facebookan. Dengan menggunakan open DNS internetan jadi lebih safe dan family protected. Banyak web dewasa yang diblokir oleh open DNS ini sehingga sangat baik digunakan pada laptop anak.

Sampai saat ini saya belum tahu cara mengganti DNS android, pernah coba menggantinya dengan menggunakan APK DNS changer tapi kerjanya kurang baik, sebab kadang malah dengan menggunakan APP tersebut koneksi menjadi tertputus. Mungkin perlu adanya penyempurnaan dari pihak pengembangnya.

Mengganti DNS tidak berarti dapat menggunakan data internet secara gratis, karena kuota akan tetap dihitung oleh ISP. Sebagai informasi tambahan saat ini khusus jaringa tri (internet kartu 3) tidak bisa menggunakan DNS google dan lainnya, sudah saya coba beberapa kali koneksi modem kartu tri dengan mengganti DNS pada PC hasilnya tidak bisa internetan, padahal dulu kartu tri sangat lancar bila kita menggunakan DNS google.

Labels: , ,



by pada 6:39 PM

Beri komentar PC Cepat: Cara ganti setting DNS wifi laptop – internet cepat

At February 7, 2017 at 12:08 PM , Blogger Unknown said...

mksudnya sekarang jaringan tri gak bisa dipake / dijadiin wifi di laptop ya?

 

komentar PC Cepat: Cara ganti setting DNS wifi laptop – internet cepat

<< Home